Kubu Obama Kecam Karikatur

Bookmark and Share

>> 7.16.2008

Gambar kartun Barack Obama di sampul New Yorker

Tim pendukung capres AS Barack Obama menyatakan marah atas sampul majalah yang mengambarkan dia berbusana muslim dan istrinya teroris bersenjata.

Kubu pendukung kedua calon presiden baik dari Partai Demokrat maupun Partai Republik menyebut sampul majalah yang menggambarkan Obama sebagai seorang Muslim dan istrinya seorang teroris 'berselera rendah dan menghina'

Karikatur di sampul The New Yorker memperlihatkan pasangan itu di Gedung Oval dengan bendera terbakar perapian dilatarnya. Gambar kartun itu semestinya sebuah satir tetapi malah menimbulkan kontroversi diinternet. Wartawan BBC Jack Izzard melaporkan dari Washington, persoalan ini tak pelak akan selalu menimbulkan kontroversi. Barack Obama mengenakan sandal kulit dan turban, sementara istrinya bersepatu lars dan memegang senapan. Kartun itu terpampang menjadi sampul majalah The New Yorker minggu ini. Dengan reputasi sebagai majalah yang liberal dan intelektual, gambar yang dimaksudkan sebagai sindiran bagi kelompok sayap kanan pengritik Senator Obama, malah menunai kritik.

Tidak peduli kalau artikel di dalam majalah itu sebenarnya membela Obama atau menuduh kelompok sayap kanan menggunakan taktik menyuntikkan rasa ketakutan dikalangan masayarakat dan secara serampangan menuduh Senator Obama diam-diam sebenarnya Muslim. Baik pendukung Republik maupun Demokrat menyebut pemilihan sampul majalah itu buruk dan bercita rasa rendah, serta kemungkinan malah meningkatkan rasa kecurigaan terhadap Obama. Satu hal yang sebenarnya ingin dihapus oleh majalah itu.



0 komentar:

Posting Komentar