Isu Emisi dan Forum Internet

Bookmark and Share

>> 7.11.2008

Laporan PBB tentang emisi

Di saat laporan baru diterbitkan yang menyerukan agar segera diambil tindakan untuk mengatasi pemanasan global, Perserikatan Bangsa Bangsa mengeluarkan data baru yang menunjukkan negara-negara kaya hanya membuat kemajuan kecil dalam mengurangi produksi gas yang dituduh menyebabkan perubahan iklim.

Data yang dikeluarkan oleh Sekretariat PBB bagi Perubahan Cuaca, menyatakan penurunan emisi sebesar 3% oleh negara-negara industri antara tahun 1990 dan 2004, disebabkan oleh kekacauan ekonomi di Eropa timur setelah komunisme runtuh.

Laporan itu mengatakan tingkat emisi di 40 negara yang dipantau - seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang dan beberapa negara Eropa - terus meningkat dan kecenderungan kenaikan ini diperbesar oleh bangkitnya perekonomian di bekas blok Soviet.

Seorang jurubicara PBB mengatakan kemungkinan masih ada bagi negara-negara yang menandatangani Protokol Kyoto untuk mengurangi emisi guna memenuhi janji mereka, tetapi upaya-upaya ini harus ditingkatkan.



Kelaparan di dunia

Hunger

Perserikatan Bangsa Bangsa mengatakan 10 tahun setelah para pemimpin dunia memutuskan untuk mengurangi sampai separuhnya jumlah orang-orang yang kekurangan gizi di dunia pada tahun 2015, lebih dari 850 juta orang masih kelaparan.
Jumlah ini sama dengan jumlah 10 tahun yang lalu.

Kepala Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) Jacques Diouf mengatakan kenyataan yang menyedihkan adalah hampir tidak ada kemajuan dalam mengurangi jumlah ini dengan nyata sejak KTT Pangan Dunia pada tahun 1996.

Namun secara umum jumlah orang yang kelaparan telah menurun, sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk, khususnya di negara-negara berkembang yang besar seperti Cina, India, Brasil dan Indonesia.

Forum internet dunia


Internet

Lebih dari seribu pakar internet dari hampir 100 negara berada di sebuah tempat peristirahatan Yunani di dekat Athena untuk menghadiri Forum Pengaturan Internet yang pertama kali diselenggarakan oleh PBB.

Tujuan luas dari konperensi ini, yang berlangsung selama satu minggu, adalah melihat masalah-masalah tentang keamanan internet, perbedaan, keterbukaan dan akses.

Para wartawan mengatakan anggota-anggota delegasi juga diperkirakan akan membahas usulan untuk mengurangi dominasi internet oleh Amerika Serikat.

Forum dibuka oleh Perdana Menteri Yunani, Costas Karamanlis, yang mengatakan ini adalah kesempatan untuk berdialog dalam skala amat besar.

Dia mengatakan masukan dari semua pihak dibutuhkan untuk menjaga kebebasan dan keamanan internet.




0 komentar:

Posting Komentar