" Bertahan "

Bookmark and Share

>> 7.02.2008

Kita dapat lihat bahwa hewan memiliki berbagai cara yang berbeda dalam mempertahankan hidupnya, baik untuk mencari makanan ataupun melindungi dirinya ketika mendapatkan serangan dari hewan lainnya dan alam.
Beberapa hewan seperti singa dan beruang, akan menyerang secara konfrontatif ketika mereka merasakan adanya bahaya, lain halnya dengan trenggiling dan kura-kura yang akan melipat/menyembunyikan dirinya untuk melindungi diri dan menunggu hingga kondisi aman, ada juga jenis burung tertentu yang menjatuhkan dirinya dalam posisi terlentang
untuk memberi kesan tidak hidup untuk mengelabui pemangsanya, dan kebanyakan hewan akan mengambil langkah seribu alias melarikan diri untuk keselamatannya di kala muncul kondisi yang bermasalah.

Bagaimana dengan manusia? Apa yang manusia lakukan saat terjadi masalah? Sehubungan dengan berbedanya manusia dengan hewan, maka manusia adalah jenis ciptaan yang dapat melakukan seluruh variasi yang dilakukan hewan tadi dalam menghadapi & menyelesaikan masalahnya, atau dengan kata lain manusia adalah mahluk yang paling fleksibel dalam mengatasi masalah, dimana manusia bisa bersikap konfrontatif, defensif, diam menanti perubahan kondisi, persuasif, termasuk melarikan diri dari masalah yang mungkin memang tidak dapat diselesaikan.
Namun yang menjadi problem adalah untuk mengetahui bagaimana bersikap dalam setiap adanya masalah, karena disayangkan banyak manusia yang mengambil keputusan kurang tepat dalam hal ini, sebagai contoh, sebuah kondisi yang idealnya disikapi dengan kesabaran seringkali diatasi dengan upaya konfrontatif, sehingga memperburuk konflik.. sebaliknya, masalah yang menuntut menuntut penyelesaian dengan persuasif, dihadapi dengan cara defensif atau berdiam diri sehingga masalah menjadi berkepanjangan dan berlarut-larut.

Kesimpulannya adalah bijaksana dalam menganalisis masalah dan temukan pendekatan terbaik untuk menyelesaikannya, gunakan variasi yang paling menguntungkan..dan upaya konfrontatif/ofensif & 'melarikan diri' mungkin akan menjadi pilihan yang menjadi prioritas terakhir untuk dilakukan


" just share "

0 komentar:

Posting Komentar