Sederhana dan Rasional

Bookmark and Share

>> 2.07.2009

Hari ini aku janjian bertemu dengan teman lamaku dicafe disalah satu Mal, 'Long time no see' dengan temanku yang satu ini.
Hai...halo...apa kabar...? baik, duh tambah cantik ya kamu... jawabku...
Sekilas aku mengamati penampilan Cherry, nama temanku itu cherry, kemeja Zara, rok Mango, sepatu Zara, tas branded, dan yang terakhir hand phone Blackberry.
Li, kamu punya Blackberry ya..? tanya cherry, kemudian aku menggeleng " ngak kok cher.." loh, kok facebook kamu selalu update kalo malem, Oh itu toh pangkalnya…segera aku bilang kalau dirumahku tersedia koneksi internet. Aku dan Cherry walaupun sudah lama tidak bertemu tapi kami selalu berhubungan via internet, kebetulan di kantorku juga tersedia koneksi internet.

Setelah 2 jam kami mengobrol aku pamit pulang. Disepanjang perjalananku pulang aku teringat pertanyaan cherry tadi, pertanyaan tadi membuat aku termangu...Blackberry..?
Ditempat aku bekerja hanya aku yang tidak menggunakan Blackberry. Apa harus aku menggantikan Nokia buruk aku dengan Blackberry agar nge Trend..? jawabku TIDAK.Dizaman susah begini kok ngikuti TREND...!!!!

Kalau aku memaksakan diri beli Blackberry apa yang terjadi..? cicilan bertambah dan sudah tentu ada pos pos yang dikurangi. Rasanya egois memanjakan gengsi semata sedangkan aku masih mempunyai tanggung jawab yang tidak kalah penting.
Mengingat gaji aku yang sudah ada alokasinya masing masing, untuk belanja bulanan, listrik, internet, cicilan kartu kredit, asuransi jiwa, gaji pembantu, gas..duhh banyak banget..!! dan yang terpenting syukur alhamdulillah masih bisa memberikan uang untuk orang tuaku.
Keikhlasan untuk melepaskan kesenangan-kesenangan pribadi untuk kebutuhan yang lebih penting memang berat. Aku bersyukur karena gaya hidup yang aku pilih itulah yang terbaik buatku. Sederhana namun cukup rasional.


50 komentar:

  • Mempunya barang-barang yang terbaru dan bagus, bisa mengikuti trend yang paling baru adalah salah satu kepuasan kita sendiri, apalagi bila kita yang paling pertama yang punya. Demam trend baru adalah salah satu "penyakit" anak-anak di kota-kota besar sekitarnya. Bila muncul suatu trend baru, makan kita akan berlomba-lomba sekuat mungkin untuk mengikutinya (mempunyainya). Sampai-sampai muncul "standar gengsi" terhadap suatu barang yang mempunyai ciri khusus..tapi saya sependapat dengan li, ngapain kita paksakan ,toh itu hanya membuat kita menjadi bertambah beban klo barang yang ingin kita punyai merupakan untuk gengsi2 -an guna menjaga prestise .....jadilah dr kita sendiri ..tul g li

  • yang penting fungsional, dan sepanjang masih tercukupi semua... mengapa harus beli barang baru...

  • wah kalo tas aku senengnya yang simple aja

  • apa yang ada jarang disyukuri.
    apa yang tiada sering dirisaukan.
    nikmat yang dikecap
    baru kan terasa bila hilang didalam genggaman. kata orang bijak..
    jadi mending bersyukur atas nikmat yang telah diberi dan nyata milik kita. kata abie nu kasep tea.. daripada bermimpi tapi tak terbeli. karena nanti hari kita akan di isi dengan hasutan dan memaksa kita untuk memiliki.. kata iwan fals...

  • blockberry itu ternyata handphone toh. hihhihi anak teknik yang gak peduli akan perkembangan teknologi tapi berpikir apa yang bisa dilakukan unuk menjadikan dunia lebih baik.

    terus setuju ngapain beli barang mahal dan tak penting. mendingan bayar internet dan bisa main sepuasnya :) alias nge-blog dan posting artikel bagus selain itu baca artikel sahabat yang tak kalah bagus :)

    apa coba :)

  • hmm...blackberry...hanya sebuah angan2...tapi yang lebih berangan-angan lagi...bisa bercukupan tiap bulan tanpa hutang.

  • Iya mba....
    kata aa Gym juga....
    belilah yang kita butuhkan, bukan inginkan.....
    hohohohoho,,, setuju deh

  • wah keren mba.

    Simple Is The Best ... :)

  • sebenarnya kalau menurut aku itu bukan kesenangan baru ... tapi penjara-penjara baru yang kita ciptakan sendiri .. baju harus branded, sepatu harus branded, tas branded, bla-bla branded .. trus kalau ngak pake segala yang branded tersebut ... PD-nya mulai menurun ... bukankah itu penjara baru namanya .... bahwa kita tampil trendi aku setuju ..bahwa kita harus rapi saya setuju ..bahwa model harus up to date aku juga setuju ..tapi semua itu kan bisa kita lakukan tanpa menggantungkannya pada satu barand tertentu.

  • sepakat banget dengan kamu li, yang penting sekarang kan fungsi dari barang tersebut, selama barang itu masih berfungsi napa harus maksain diri ganti yang justru nambah beban yg seharusnya tidak ada. saya jg setuju yg dibilang kang Blaga blogger, dalam memiliki atau beli sesuatu yang penting adalah yang kita butuhkan bukan diinginkan.

  • nice posting...
    aku suka motivasinya..
    salam kenal mba..

  • Aku juga pengen banget ganti sony ku dengan black berry, tapi sayang bulan ini aku kena PHK, jadilah keinginanku untuk beli aku tunda dulu,sampe aku dapat kerja lagi. Moga2 someday I'll get it.

  • sederhana namun rasional... mantabbbbbb li'... hidup mudah dikata, tapi hidup susah untuk dijalani... nikmatilah sisa hidup ini...

  • sip!!
    pemikiran modern itu lebih mengutamakan fungsi dan rasional daripada simbol..
    :D

  • Dan akupun bersyukur, linda punya pola hidup sederhana dan rasional. Pertahankan ya

  • betul tw jangan terlalu mengikuti trend zaman sekarang....kesederhanaan itu lebih baik...lebih baik uang nya di tabungin buat hal2 yg tak terduga

  • Psst! I've put your banner in mine. Link back please. Thanx.

  • hey kau ekspresikan dirimu seperti yang kau mau... hiks****

  • Salam kenal.... :)

  • kalau saya lebih mementingkan fungsi dan kebutuhan. bukan gengsi.
    kalau memang belum butuh, tidak perlu-lah kita beli.
    kalau mau mengikuti gengsi bisa2 bangkrut..hehe

    saya setuju dengan prinsipmu..

  • Halo sobat, apa kabar?
    Untung aku dapat jatah blackberry 8320 dari kantor sob, jadi bisa ikut ngrasain pake BB.
    Kalo beli sendiri? waa mikir2 dulu kali yaa...

    Cheers, frizzy.

  • gw ga suka BLACKBERRY..

    gw sukanya BLUEBERRY *yummy! apalagi klo ada Cheesecake di bawahnya.. hmmmm.. tambah nikmat!

    eh, STRAWBERRY juga gw suka qo..!! manis asem gimana gituuuuuuuu..

  • bener tuh manding bluebery daripada blacbary, hehe...
    mending alokasi duitny buat yg penting2 aja dulu... bersukur aja ama yg kita punya sekarang... :)

  • salut n bangga deh ternyata di dunia ini masih ada orang spt anda ..
    gengsi memang mahal kok ..
    yg penting hidup cukup !
    mending ga punya apa-apa drpada punya knapa2 ...
    memang iklan hehe..

  • Hidup itu cuma sebentar.
    BlackBerry? Gitu aja kok repot.

  • Enviarte un fuerte saludo desde las Islas Canarias.
    Gracias por la visita.

  • mensyukuri yang ada bisa membuat kita awet muda mba heheheh

  • kadang para cewek ql dah ngumpul mang bahasannya gak jauh dr penampilan Lin,sering jg anna ngalamin hal yg sm . yang penting jgn kormod dan jd gak sesuai kebutuhan ....itu sesuatu yg useless bgt.....mending mempersiapkan sesuatu hal ataupun barang yg fungsional dan ekonomis

  • Yup,setuju banget. Yang penting masih bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari,tidak perlu bermewah diri

  • idealnya memang seperti itu, kita membeli seuatu yg memang kita butuhkan. namun kenyataannya, ternyata cukup sulit juga untuk bisa bertindak seperti itu. itulah makanya, kita memang harus senantiasa belajar, lagi dan lagi.

  • BB? aduh gw jg pgn..klo dikasih hehe...tapi klo hrs beli buat keren2an diliat org and buat kita gak mkn sepanjang hari keknya gk perlu kali yee.. :D

  • klo menurutku sii..kita mesti sering2 lihat kehidupan orang2 susah..kadang klo abis lihat orang yg rumahnya kumuh2 gitu aku sering mikir..kok bisa yaa hidup kayak gitu..
    dan menurutku lagi..mau jadi ornag kaya, mau jadi orang miskin...rasanya relatif sama, cuma masalah kebiasaaan aja..apa orang kaya gak pada setres, trus apa orang miskin itu gak bisa ketawa...
    tapi yang paling sulit dari itu semua adalah bersyukur atas apa yg telah kita terima...

  • Salam ziarah

  • dont buy it if you dont need it.

  • Hi Li, thank you for your visit :-) Regards from Poland! :-)

  • Wah baca postingan mbak jadi kayak dapet support untuk berhemat dulu, karena baru tadi siang partner bisnis aku nyaranin agar aku beli blackberry untuk memudahkan komunikasi surabaya-jakarta. Tapi bener kayak katta mbak..aku prefer fungsi dulu..kalo ga urgent berarti khan bisa dipending..tul gak?
    Salam kenal dari Surabaya ya mbak..

  • Lind....apa kabar dirimu
    kangen, sdh lama gak ol bareng kanhud.

  • Membaca tulisan ini jadi nyadar..
    Emang sih kalo kita berkorban buat orang lain dan harus menyingkirkan ego pribadi agak sulit
    Tapi orang yang mampu berbuat begitu adalah orang yang hebat

  • oalah...manusia memang g ada puasnya ye..

  • nah betul sekali, yang penting fungsinya bukan gengsinya betul... salam merdeka!

  • yup gaya hidup mewah bukan hanya berdampak pada mata tapi juga isi dompet hehehe
    (info pulsa: http://info-pulsa.blogspot.com)

  • Belajar lah untuk selalu hidup sederhana :D dgn begitu kita kan bisa hidup senang dan damai di bumi :D

    Postingannya mantaf mas :D

  • Mensyukuri yang ada, dan yang kamu miliki. Tapi kalau dapat yang lebih lagi ya.. lebih bersyukur lagi.

  • Hmm, liat temen punya blackberry baru ngiler jg.
    Jd penasaran gajinya berapa duit yah secara levelnya sama. Kok dia bisa beli gw kagak?
    Tambah dipikir tambah ketahuan kl gw bego soal nego gaji di kantor hehe..
    Terima nasiblah...
    Puaskan diri dgn barang yg ada ;)

  • simple is beauty

  • Li? its that your name? ok..
    Nice thought..
    setuju banget dengan pendapat Li.. Gak perlulah kita ngikut2 trend. Setiap pembelanjaan yang kita keluarkan haruslah bijak. Terkadang kita harus bisa membedakan antara KEINGINAN dan KEBUTUHAN. Seperti pada kasus Li, mungkin keinginan berbisik "mantab juga kalo pake blackberry" tapi KEBUTUHAN berkata,"kalo cuman dipake telp ama sms doang, ngapain harus blackberry"...
    Tinggal siapa yang menang, KEINGINAN atau KEBUTUHAN.. Dan saya sangat respek dengan orang-orang seperti Li yang bisa mengalahkan KEINGINAN..
    Salam Kenal ya Li..

  • bersyukur sis' itu kuncinya? 2 jempol buat dikau deh... postingan yang indah :)

  • gaya hidup yang terlalu dipaksakan justru membebani orang itu sendiri. kebetulan sekalo saya juga baru aja posting tulisan semacam ini, bahwa mensyukuri apa yang kita punya adalah cara tepat untuk menjadi diri sendiri. Tidak usah mengikuti gaya hidup yang di luar jangkauan kita..

    salam kenal

  • you're not alone darling.
    aku juga lebih menyukai barang2 sederhana dgn harga yg bisa di jangkau kantong sendiri. i'm not brand minded huehehe
    btw kebanyakan kita di Indo gengsi2an disini biar kata orang punya banyak duit, but they invest their money for something yg lebih menghasilkan not for buying barang2 bermerk.

  • bagus sekali tasnya. pasti mahal tuh

Posting Komentar